Friday, May 1, 2009

ROUND UP MASAK BARENG EDISI 04/2009 - JAJAN PASAR BERBAHAN DASAR BERAS

Posted by Masak Bareng at 8:05 AM
Halooo.....
Seminggu ini kita disuguhi aneka jajan pasar dari beras, baik beras biasa ataupun ketan. Sangat mengagumkan, Indonesia memiliki beraneka ragam jajan pasar. Ini baru yang berbahan beras lho... Belum bahan lainnya. Benar-benar kekayaan yang perlu dijaga dan diwariskan. S'moga lewat event ini, resep-resep jajan pasar bisa tetap eksis sehingga tidak punah. Ayoo... bareng-bareng menikmati parade Jajan Pasar Berbahan dari Beras yuuk...

Dannnn, ini dia yang udah ikutan berpartisipasi di
MasBar edisi 04/2009:


Chera
ONDE dan MOCI
Salut deh sama ibu yang satu ini, meski sehabis melahirkan & duct obstractionnya belum sembuh tapi dia udah ikutan ngeramein acara masbar kali ini. Sampai curi-curi waktu disisi bolak balik ke rumah sakit untuk terapi segala. Hebatnya lagi, dia setor pertama kali, lho...
Benar-benar peserta teladan. Hehehe Buat yang penasaran sama Onde & Mocinya Chera, silahkan mampir ke Kitchen Cake

Jenny
KETAN SERUNDENG
Mahasiswi yang lagi ketimbun tugas ini bela-belain bikin jajan pasar biar ga bolos MasBar. Meski harus pakai serundeng siap pakai, tapi tetep enak kan, Jen? hehehe
Mau tau Ketan Srundengnya Jenny, nih ada di Jkitchen.log

Regina
KUE LAPIS BERAS

Ketika melihat posting-an salah satu foodie blogger, Regina terinspirasi untuk membuat kue lapis beras. Apalagi pas punya tepung beras yang udah lama dibeli, ya udah tinggal action deh. Kue lapisnya laris manis ya, Regina?! Yang mau ngintip, silahkan aja ke
Notes from my Kitchen

Hernik
KUE LAPIS
Sempat ragu-ragu untuk berpartisipasi pada edisi ini, akhirnya Hernik berhasil menyempatkan diri membuat kue lapis dengan ceria : merah, putih dan hijau. Ceria sambil menikmati kue lapis bersama Hernik @
Dancing in The Kitchen.

Icha
BUBUR SUMSUM
Niat banget pengen berpartisipasi pada edisi ini, Icha memilih bubur sumsum sebagai entry. Bikinnya mudah, cepat dan siap santap. Ngapain pake lama kalo bisa cepat disantap ya Cha?! Selain itu, Icha punya cerita nostalgia dengan bubur sumum. Resep dan cerita lengkapnya ada di
Moetiara Cintakoe

Novie
KUE MENDUT
Bagi Novie, kue ini pokokke...manteb BGT, apalagi kalo pas kegigit tuh santan arehnya...wiihhh, sedepppp... Berhubung di Aussie atu-atunya pasar ga ada yang jualan jajan pasar terutama kue mendut ya terpaksa buat sendiri. Lengkapnya silahkan meluncur ke
Novie's Recipes

Lintang
URAP KETAN HITAM SAUS GULA
Ngomongin jajanan pasar, urap ketan hitam saus gula jawa kayaknya paling berkesan buat Lintang. Karena sang ibu selalu membawanya ketika pulang dari pasar. Pengen tahu urap ketan buatan
Lintang? ada di Cook Uncooked

Bia
TALAM EBI

Ternyata Bia juga punya nostalgia dengan jajanan pasar ini. Jadi terkenang masa SMP/SMA, katanya. Trus sewaktu bikin, dapat komentar dari suami tercinta. Gimana komentar suaminya? Intip aja ke
Dapur Bia

Novia
KUE TALAM

Memodifikasi resep tidak dilarang dalam event ini, asalkan masih sesuai tema. Seperti yang dilakukan oleh
Novia, seharusnya dalam resep menggunakan tepung maizena karena ga ada diganti tepung beras pun ok. Dan jadilah kue talam jagung beras. Resepnya ada di It All Started with His Birthday.

Shinta
KUE PADAMARAN
Rasanya baru dengar ya nama kue ini. Hmmmm..... ternyata oh ternyata kue ini khas dari Jambi. Nah, Shinta membuatnya dari resep warisan keluarga. Sepertinya perlu dilestarikan yaaa? hehehe
Buat yang mau nyicip kue khas Jambi ini plus pengen tau nostalgianya
Shinta, silahkan mampir ke
Berkreasi di Dapur Mungil.

Deetha
KLEPON
Jajanan kesukaan adiknya Deetha ini, sengaja dibuat warna coklat supaya beda dari penampilan klepon yang biasanya, dan biar ga dikira dibeli di pasar juga. Penasaran sama klepon coklat Deetha? Yuuk mampir @
Mlebu Pawon.

Ike
KOLAK CANDIL KETAN ISI KEJU
Pernah lihat kolak candil yang dibungkus plastik dan dijual di pasar? Pasti ada yang pernah lihat kan?! Nah,
Ike memodifikasi dengan memberi isi keju yang ternyata disukai anaknya. Kalo pengen lihat resepnya, ada di
Pawon Ike.

Ambar Hidayati
BUBUR SUMSUM
Bahan sisa bukan berarti tidak bermanfaat. Dengan memanfaatkan sisa vla santan,
Ambar menyulapnya menjadi bubur sumsum yang berasa gurih campur manis. Kreativitas harus tetap jalan ya Mbar?! Lihat sajiannya di
Dapur Bunda Nisa

Retno
WAJIK
Siapa yang tak kenal jajanan pasar bernama wajik? Kalo ga kenal, bisa lihat kue-nya lengkap dengan resep di dapur
Retno @
Kedai Hamburg.

Yeni CA
LAPEK SEGAN
Tinggal jauh dari keluarga, kalo kangen masakan ibu mau ga mau harus bisa bikin sendiri. Seperti
Yeni yang kangen lapek segan buatan ibunya. Dengan modal nekat plus resep asli dari ibu tercinta, Yeni pun berhasil membuatnya. Cerita lengkap ada di
Yeni Family's Kitchen

Shelvy
WAJIK
Satu lagi partisipan yang hadir dengan wajik adalah
Shelvy. Wajik ini selain disumbangin untuk event Masak Bareng juga buat makan siang bersama temannya. Sering-sering nyumbang ga papa kok Shelvy :) Wujud jajanan yang disumbangkan ada di
LSFood

Tanti Resti
LEMPER AYAM BUMBU BASIL
Setelah ngiler berat melihat lemper ayam di salah satu blog,
Restianti langsung belanja bahan-bahan untuk membuat lemper. Tapi karena ga nemu daun kemangi akhirnya dia ganti dengan daun basil. Mau tahu gimana rasanya? Mampir aja ke
La Maman de Naiya

download
PUTU MAYANG [PETULO]
Pengennya bikin putu mayang beneran tapi Rurie ga punya cetakannya. Akhirnya tetap bisa bikin putu mayang walaupun tanpa cetakan dan hasilnya pun tetap enak. Intip putu mayang buatan
Rurie di
Just a
Thought

Elsye
BOLU KETAN HITAM

Berbahan dasar beras ketan hitam yang sudah dihaluskan seperti tepung, membuat kue ini mempunyai cita rasa yang khas. Dari mulai warna, tekstur serta rasa yang legit. Pengen tahu resepnya? Tanya aja sama Elsye,
Dari Dapur Saya.

Tita
KUE LAPIS PEPE
Buat
Tita, bikin jajan pasar sih udah sering tapi jarang didokumentasikan. Kalo buat event, mau ga mau harus bikin dokumentasi dong ya?! Yuk ah, nyicip kue lapis pepe di Homemade Cuisine.

Haley
MENIRAN
Terbuat dari menir atau beras yang tak utuh, atau pecahan beras. Termasuk salah satu jajanan langka. Seperti apakah bentuk dan keunikan jajanan ini?
Haley menguraikan secara lebih lengkap di Thankful Life and Love.

Dian Susanti
KUE GEMBLONG
Bingung mau bikin apa untuk entry event ini, Dians akhirnya memutuskan membuat gemblong. Cuma dia agak sedih karena ada yang terasa berbeda dari gemblong buatannya ini. Apanya sih yang beda? Intip ceritanya di
SalamKueh


Lidia
ONDE-ONDE
Waktu buka-buka file foto, ternyata ada foto onde-onde yang belum pernah ditayangkan. Akhirnya Lidia tetap bisa ikutan meski dengan kesibukan yang bejibun. Emang sibuk apa sih bu?? Yuk nyicip onde-onde di
Bianca's and Jordan's Mom

Tape ketan ijo
TAPE KETAN IJO
Mau tahu trik membuat tape ketan pada suhu kamar yang masih kurang hangat? Tanya aja sama Ayin yang sudah sukses membuat tape ketan ijo royo-royo trus rasanya nyak dhuuuut tenan (bahasa mana ya ini??). Cerita lengkapnya mampir aja ke AG's Food.

Silvy DC
SATE BOLA-BOLA KETAN HITAM & PUTIH

Menggunakan beras ketan hitam dan putih yang dibentuk menyerupai sate. Lebih nikmat disantap selagi hangat-hangat. Cara membuatnyapun sangat mudah dan cocok untuk dijadikan cemilan di waktu senggang.
Koleksi jajan pasar Silvy dari Dapur Cantik

Lia Gurun
SRABI SOLO

Jajanan populer dari kota Solo. Srabi ini ga polos aja tapi juga diberi topping coklat, keju atau irisan buah. Kebayang kan yummy-nya?! Pantes aja
membuat Lia kangen pulang ke kampung halaman. Intip cerita lengkapnya
Spices Corner

Rita HK
WAJIK Ny. Rita

Awalnya Rita ga pengen ikutan event bulan ini tapi setelah diberi semangat oleh salah satu team MasBar, akhirnya dia pun ikutan.
Good job, buat yang udah nyemangatin Rita. Dan jadilah wajik Ny. Rita untuk entry bulan ini. Yang penasaran sama wajik-nya, boleh maen ke
Mochachocolata-Rita.

Rachmah
ONDE ONDE TUNA PEDAS

Mbak Rachmah ini kreatip banget, katanya bisa menyulap adonan lemper menjadi adonan onde-onde ? Penasaran pengen tau caranya, silahkan berkunjung aja ke blognya beliau di
Kedai Rachmah

Mae Irianti
GEMPOL

Mae di eSbeye ini ingin mengulang nostalgia dengan membuat es gempol, walo tidak seperti aslinya tapi dia cukup puas dengan hasilnya. Pengen tau bahan apa aja yang Mae pake bisa dilihat di
Mae's Little Kitchen
Vania
BUBUR CANDIL
Ini nih partisipan yang masukin entry at injury time, tapi ga papa kok. Tenaang... masih bisa masuk round up kok. Sajian dari Vania, bubur candil tapi gula merahnya diganti dengan golden sugar organic. Gimana rasanya? Mampir aja ke dapur Vania, lengkap dengan cerita nostalgianya di
Our Family Favorite Recipes.


Gimana parade jajanan pasarnya??? Semarak kan?!
Terima kasih untuk para partisipan yang telah menyempatkan berpartisipasi. Dan bagi yang belum dimasukkan ke dalam round up ini, mohon menghubungi admin secepatnya ya... Kami tunggu partisipasinya pada event berikutnya, dengan menu yang ga kalah menarik.
Masak bareng lagi yuuuk...!!!


Team Masak Bareng,

Ayin, Deetha and Shinta

3 comments on "ROUND UP MASAK BARENG EDISI 04/2009 - JAJAN PASAR BERBAHAN DASAR BERAS"

*14* by Regina B on May 1, 2009 at 9:51 AM said...

manthab banget entry-annya. mana ada onde2 pula... hmmm yummmm well done buat ibu2 adminnya :D

mae on May 1, 2009 at 12:34 PM said...

haduuh aku naksir kue mendutnya, sukaaaaa banget deh sama kue itu...

sip deh RU-nya, cepet bangeeet....

Sofie on May 1, 2009 at 10:42 PM said...

hebaaadddd... keren2 semuanya euy.

Sayang bulan ini sy ngga ikutan nih. Moga bulan depan bisa join lagi.

 

|Masak Bareng Yuuk !!! Copyright 2009 SweetCupcake Designed by Ipiet Templates | Thanks to BloggerTemplates